Review Film : A Ghost Story (2017)

Review Film : A Ghost Story (2017)

A Ghost Story adalah film drama supernatural yang rilis tahun 2017. Film ini disutradarai oleh David Lowrey dan disutradarai oleh Toby Halbrooks, James M. Johnston, dan Adam Donaghey. Naskah film ini ditulis oleh David Lowrey. A Ghost Story dibintangi oleh Casey Affleck, Rooney Mara, Will Oldham, Sonia Acevedo, Rob Zabrecky, dan Liz Franke. Film ini berdurasi 92 menit. Film ini banyak menuai pujian. Dilansir dari laman Rotten Tomatoes yang mendapatkan rating sebesar 91%. Film ini menceritakan sebuah kecelakaan yang menewaskan C (Casey Affleck). Ia kemudian datang kembali dalam wujud hantu. Ia menghantui rumah yang ia ditinggali bersama sang istri M (Rooney Mara).

Sinopsis

C adalah seorang musisi yang tinggal di sebuah rumah pinggir kota kecil di daerah Dallas-Fort Worth bersama dengan istrinya M. Suatu malam, mereka mendengar suara piano yang keras. Namun, mereka tidak menemukan penyebab kerasnya piano tersebut. Beberapa waktu kemudian, C mengalami kecelakaan mobil. Ia pun dinyatakan meninggal pada kecelakaan tersebut.

That’s what people do. They leave, they go away. – A Ghost Story (2017)

Setelah kecelakaan berlangsung. Di kamar jenazah, C terbangun sebagai hantu yang ditutupi sehelai kain putih dengan dua lubang hitam pada mata. Hantu C berjalan tanpa tujuan di rumah sakit dan tidak ada orang yang bisa melihatnya. Ia tiba di ujung koridor dan melihat sebuah lampu yang sangat terang dan menyala di depannya. Setelah menatapnya, hantu C pergi meninggalkan rumah sakit dan kembali ke rumahnya. Ia melihat istrinya yang berduka atas kehilangannya. Hantu C terus mengawasinya selama berhari-hari dan berminggu-minggu yang tampak seperti detik baginya.

Selama berminggu-minggu ia di dalam rumahnya. Akhirnya, ia bertemu dengan hantu lain di dalam rumahnya. Tanpa berkata-kata, hantu tersebut mengatakan kepada C bahwa ia sedang menunggu seseorang, tetapi tidak ingat siapa. Suatu malam, hantu C melihat M kembali ke rumahnya dengan pacar barunya. Hantu C marah dengan membuat semua lampu di dalam rumah berkedip dan melempar buku dari rak.

everything you’ve  ever strived for, everything  that you and stranger – A Ghost Story (2017)

Beberapa waktu kemudian, M mendengarkan lagu yang ditulis oleh C untuknya ketika masih hidup. Akhirnya, M memutuskan untuk pindah rumah. Sebelum pindah, ia meninggalkan catatan selembar di kertas kecil yang terselip di celah dinding dan lukisan. M meninggalkan hantu C yang masih terus berada di rumah tersebut hingga berganti pemilik. C juga sempat mengarungi waktu di masa depan dan kembali ke masa lalu. Serta ia juga sempat melihat rumahnya diratakan dengan tanah.

Review

Pada film ini dapat mengubah anggapan seseorang dengan sosok arwah. Biasanya kita melihat sosok arwah sebagai makhluk yang jahat dan menyeramkan. Namun, A Ghost Story ini memutarbalikkan perspektif itu dan justru membuat penonton menjadi iba dengan hantu. Selain itu, terkadang beberapa film membahas tentang seseorang yang sedih ditinggalkan orang yang dicintai selamanya. Namun, film ini justru menceritakan orang yang meninggal itu sendiri.

Review Pada film ini terkait visualnya juga indah dengan sentuhan musik melankolis dari Daniel Hart. Selain itu, juga banyak bermain dengan kamera statis, adegan-adegan yang hening, serta dialog yang minim. Resep jitu untuk membuat penonton awam mengantuk, namun selaras dengan mood dan makna film ini sendiri. Pada film ini juga tidak banyak percakapan yang terjadi di film ini. Dengan begitu penonton bisa paham dan mendapat kesimpulan dari percakapan yang terjadi di film ini. Review secara keseluruhan film ini sangat segmented dan bisa jadi membosankan. Namun, ketika kamu bisa mengerti makna film ini, maka kamu akan menemukan keindahannya dan lebih mengapresiasinya.

Categories: Entertainment

Tags:,

Post Your Thoughts

Related Posts
Review Film : Sound of Metal (2019)

Review Film : Sound of Metal (2019)

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana jadinya jika seorang musisi yang hidup di dunia musik harus kehilangan…

Review Buku : Rindu

Review Buku : Rindu

Rindu merupakan sebuah novel karya Tere Liye yang diterbitkan pada tahun 2014. Rindu menceritakan kisah…

Rekomendasi Film Tentang Cara Mengelola Keuangan

Rekomendasi Film Tentang Cara Mengelola Keuangan

Seseorang yang ingin mendalami atau memahami tentang suatu ilmu, pasti sangat dianjurkan untuk belajar. Sama…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.