Tips Menulis Artikel Berkualitas Untuk Website

Website atau blog mungkin sudah tidak menjadi sebuah hal baru bagi masyarakat era digital saat ini. Banyak orang yang meluangkan waktunya untuk membaca berbagai literasi dari artikel di website. Tapi tak sedikit pula orang yang sudah memulai menuangkan pikirannya menjadi sebuah artikel untuk dibaca orang lain. Jenis artikel sendiri ada yang baik tapi tak berkualitas, dan ada juga yang baik dan berkualitas. Nah, bagaimana caranya kita bisa membuat artikel yang berkualitas untuk website?

Tips Menulis Artikel Berkualitas untuk Website.

Membuat artikel di website sebenarnya mudah, tinggal bagaimana caranya artikel tersebut menarik minat pembaca dan memberikan informasi yang tepat. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat artikel yang baik dan berkualitas untuk website.

Gunakan Keyword yang Sering Dicari Audiens

Kualitas sebuah artikel bisa dilihat dari seberapa banyaknya audiens yang tertarik untuk membaca. Jadi langkah yang pertama harus dilakukan adalah mencari keyword atau kata kunci yang sedang banyak dicari oleh audiens. Dengan mencari keyword tersebut, pasti kalian akan mendapatkan ide topik yang akan kalian bahas. Jangan lupa juga untuk menganalisa terlebih dahulu audiens yang sering mengunjungi blog atau website kalian.

Tentukan Topik dan Judul yang Menarik

Setelah mencari keyword dan mendapatkan ide bahasan, maka tentukan topik dan judul yang menarik. Usahakan selain memilih topik yang menarik, pilih juga topik yang informatif dan edukatif bagi pembaca. Penentuan judul juga sangat mempengaruhi minat pembaca. Sebaik apapun artikel jika salah mencantumkan judul maka artikel tersebut tidak akan berguna. Tulislah judul yang dapat membuat pembaca penasaran dengan isi artikel.

Isi dengan Pembahasan yang Berkualitas

Pembahasan yang berkualitas tidak akan berputar-putar terlalu jauh dan selalu fokus pada point tujuan. Menulis artikel harus yang akurat dalam menyampaikan informasi dan memberikan data serta fakta yang jelas. Sebuah artikel tidak harus panjang yang terpenting semua informasinya dapat tersampaikan secara baik dan benar. Lebih menarik lagi jika pembahasan atau konten tersebut bersifat memorable bagi pembaca sehingga membuat mereka selalu mengingat dan merekomendasikan kepada orang lain.

Tambahkan Gambar yang Menarik

Menambahkan sebuah gambar merupakan salah satu cara menghias artikel. Dengan menambahkan gambar, artikel kalian akan lebih berwarna sehingga dapat mengurangi kejenuhan pembaca. Tapi jangan lupa gambar yang ditambahkan harus disesuaikan dengan pembahasan artikel tersebut.

Gunakan SEO Sebagai Panduan

Tidak hanya fokus terhadap kebutuhan pembaca, pembuatan artikel juga harus memperhatikan aturan yang diterapkan oleh Google atau sering disebut aturan SEO. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar artikel yang kalian buat menjadi SEO Friendly.

a. Gunakan focus keyword sewajarnya

Focus keyword bisa dicantumkan pada beberapa paragraf di artikel, tapi jangan jangan sampai berlebihan. Penggunaan focus keyword yang berlebihan justru bisa mengurangi kualitas artikel yang kalian buat.

b. Manfaatkan link internal dan eksternal

Fungsi dari link di artikel adalah untuk memberikan penjelasan lebih lanjut kepada pembaca terkait topik utama artikel. Link internal adalah link yang merujuk pada salah satu artikel di website kalian sendiri. Sedangkan link eksternal adalah link yang merujuk ke situs selain website kalian.

c. Optimalkan panjang artikel

Panjang optimal sebuah artikel berbeda-beda tergantung tujuan yang ingin dicapai oleh penulis. Panjang artikel setidaknya berada di angka 300 kata. Jumlah 300 kata adalah angka minimal untuk sebuah artikel blog. Untuk angka maksimalnya, beberapa ahli menggunakan angka berbeda.

d. Manfaatkan heading dan subheading

Heading membantu pembaca untuk menemukan garis besar atau pokok bahasan dalam artikel yang dibacanya. Kemudahan membaca ini akan meningkatkan kepuasan pembaca terhadap artikel yang kalian buat.

e. Perhatikan relevansi konten

Kalian bisa menggunakan bermacam-macam keyword dalam penulisan artikel di website. Namun, semuanya harus relevan dengan tujuan utama. Tingkat relevansi yang tinggi antar artikel di blog atau website akan memberikan sinyal baik untuk Google. Dengan begitu kemungkinan artikel kalian muncul di halaman pertama hasil pencarian juga meningkat.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan jika ingin menulis artikel yang berkualitas untuk website. Semangat selalu untuk mencoba membuat yang terbaik dan jangan pernah berhenti memberikan informasi yang berkualitas untuk banyak orang ya. Salam El Samara.

Categories: Jelajah

Tags:, , , ,

Post Your Thoughts

Related Posts
4 Alasan Karyawan Berkualitas Resign!

4 Alasan Karyawan Berkualitas Resign!

Setiap perusahaan tentu mempunyai karyawan dengan kualitas yang berbeda-beda. Dari sekian banyaknya jumlah karyawan yang…

Apa itu WordPress?

Apa itu WordPress?

Apa Itu WordPress? WordPress adalah content management system (CMS) yang diluncurkan oleh Matt Mullenweg dan…

Dalam Bidang Apasih TOTHEWEB Itu??

Dalam Bidang Apasih TOTHEWEB Itu??

Apa itu TotheWeb. TotheWeb adalah perusahaan penerbitan online yang berfokus pada bidang teknologi. Misi utamanya…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.