PT Indofood Sukses Makmur Tbk atau yang dikenal Indofood adalah produsen makanan dan minuman yang sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Indofood telah bertransformasi menjadi perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional mencakup seluruh tahapan proses produksi. Proses yang dilakukan yakni mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Kini Indofood dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka di setiap kategori bisnisnya.
Ketika mendengar nama Indofood apa yang terlintas di benak Anda? Tentunya Indomie kan? Yaps, Indomie merupakan produk terpopuler yang sudah menjadi seperti jimat bagi semua orang. Bahkan varian mie instannya sangat beragam. Tapi yang perlu kamu tahu produk Indofood tidak hanya indomie saja hloo.
Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Indofood memperoleh manfaat dari skala ekonomis serta ketangguhan model bisnisnya. Indofood memliki 4 Kelompok Usaha Strategis (”Grup”) yang saling melengkapi sebagai berikut :
Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP) memproduksi dan memasarkan beragam produk konsumen bermerek yang menawarkan solusi praktis bagi konsumen di segala usia. Sebagian besar merek-merek produk Grup CBP merupakan pemimpin pasar dan memiliki status top-of-mind di masing-masing kategori produknya, serta telah meraih kepercayaan dan loyalitas jutaan konsumen selama beberapa dekade.
Produk konsumen bermerek dijalankan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang merupakan salah satu produsen produk konsumen bermerek yang mapan dan terkemuka, dengan kegiatan usahanya yaitu :
Salah satu produk terbesar di dunia dan menjadi pemimpin pasar di Indonesia adalah mi instan. Produk-produk mi instan dipasarkan dalam berbagai merek dan kemasan seperti Indomie, Supermie, Sarimi, Sakura, Pop Mie, dan Mie Telur Cap 3 Ayam. Indomie menjadi merek unggulan yang memiliki status top-of-mind yang tinggi di kalangan konsumen baik di dalam maupun luar negeri.
Dairy merupakan salah satu produk terkemuka di Indonesia untuk produk susu ultra-high temperature (UHT), susu steril dalam botol, krimer kental manis (Sweetened condensed creamer “SCC”), susu pasteurisasi, susu multi-cereal, minuman mengandung susu, susu bubuk, es krim dan mentega. Indomilk merupakan merek unggulan untuk produk susu. Merek-merek produk susu lainnya yaitu Cap Enaak, Kremer, Tiga Sapi, Indomilk Kids dan Milkuat. Indoeskrim untuk produk eskrim dan Orchid Butter untuk produk mentega.
Makanan Ringan terdiri dari dua unit usaha yaitu makanan ringan dan biskuit. Unit usaha makanan ringan memproduksi makanan ringan moderen dan makanan ringan tradisional yang dimoderenisasi berbahan dasar kentang, singkong, tempe, ubi ungu dan jagung, serta berbagai produk extruded snack yang dipasarkan dengan merek Chitato, Qtela, Lay’s, Doritos, Cheetos, Jetz dan Chiki. Sedangkan, unit usaha biskuit memproduksi bermacam-macam merek biskuit untuk berbagai segmen pasar yang berbeda, seperti Wonderland bagi segmen keluarga, Dueto bagi segmen anak-anak, Canasta untuk segmen remaja dan anak muda, serta Indofood Inti Gandum untuk segmen dewasa.
Penyedap Makanan merupakan salah satu produk kuliner yang terkemuka di Indonesia. Produk-produk kuliner yang ditawarkan meliputi kecap, saus sambal, saus tomat, dan recipe mixes, yang dipasarkan dengan merek Indofood dan Indofood Racik.
Nutrisi & Makanan Khusus merupakah salah satu pemain terkemuka di industri makanan bayi di Indonesia. Produk-produknya meliputi bubur, sup mi, biskuit, puding dan rice puf untuk bayi dan balita, cereal snack untuk anak-anak, cereal powdered drinks yang cocok bagi seluruh keluarga, dan berbagai prdouk susu untuk ibu hamil dan menyusui. Produk-produk ini dipasarkan dengan berbagai merek yaitu Promina, SUN, Govit dan GoWell untuk target konsumen dari berbagai segmen pasar.
Minuman menawarkan beragam pilihan produk. Adapun produk minuman yaitu teh siap minum, AMDK dan minuman rasa buah dengan merek Ichi Ocha, Club, Sirup Indofood Freiss dan Fruitamin.
Kemasan fleksibel dan kemasan karton diproduksi guna mendukung kegiatan operasional Grup dan para pelanggan pihak ketiga. Hal ini memegang peranan penting dalam mendukung seluruh mata rantai kegiatan operasional Indofood sebagai perusahaan Total Food Solutions.
Grup ini memiliki kegiatan usaha utama yakni memproduksi tepung terigu dan pasta. Tepung terigu diproduksi untuk berbagai keperluan dengan merek-merek terkemuka, antara lain Segitiga Biru, Kunci Biru dan Cakra Kembar. Produk pasta Bogasari dipasarkan dengan merek La Fonte, yang merupakan pimpinan pasar, dikenal karena kualitas dan rasanya yang lezat.
Kegiatan usaha utama Grup Agribisnis meliputi penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi dan pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening. Agribisnis ini mengolah perkebunan serta Minyak dan Lemak Nabati.
Perkebunan mengoperasikan 26 pabrik kelapa sawit. Diantaranya yaitu 4 lini produksi karet remah, 3 lini produksi karet lembaran, 2 pabrik pengolahan dan penyulingan gula, 1 pabrik kakao dan 1 pabrik teh. Kelapa sawit tetap menjadi komoditas utama perkebunan. Selain itu diikuti juga dengan karet, tebu dan tanaman lainnya terutama hutan tanaman industri, kakao dan teh. Perkebunan memproduksi produk gula dengan merek Indosugar serta produk teh merek Kahuripan.
Minyak dan Lemak Nabati memproduksi serta memasarkan produk-produk hilir Grup Agribisnis. Minyak goreng, margarin, shortening, dan produk-produk turunan lain yang merupakan hasil dari proses penyulingan serta fraksinasi minyak sawit. Produk minyak goreng dan margarin bermerek di Indonesia yaitu Bimoli, Bimoli Spesial, Delima, Happy, Palmia, Royal Palmia, dan Amanda.
Dengan jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, Grup ini mendistribusikan sebagian besar produk konsumen Indofood dan anak-anak perusahaannya, serta berbagai produk pihak ketiga.
Referensi :
https://www.indofood.com/