4 Cara Menemukan Passion dengan Tepat

4 Cara Menemukan Passion dengan Tepat

Passion dapat diartikan sebagai keinginan atau kecenderungan untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting untuk dilakukan yang menimbulkan perasaan bahagia. Walau penting, banyak orang yang tidak mengenali atau mengetahui passion-nya. Mereka merasa tersesat, sulit menentukan pilihan hidup, atau lelah menjalani pekerjaan karena terpaksa. Menemukan sesuatu yang sesuai dengan passion dalam diri itu gampang-gampang susah, tidak selalu mudah bagi sebagian orang. Ibaratnya, passion itu sesuatu yang tidak hanya mengisi waktu, namun juga menjadi penentu tujuan hidup dan kebahagiaan Anda.

Beberapa orang mungkin sudah tahu ke depannya ingin menjadi apa karena sejak dini ia sudah menyukai dan menekuni suatu bidang. Sementara, banyak orang yang masih berjuang untuk mengetahui apa yang sebenarnya mereka ingin lakukan di masa depan. Jika kamu adalah salah satu di antaranya, maka jangan khawatir. Beberapa hal berikut ini bisa menjadi cara untuk menemukan dengan tepat apa sebenarnya passion kita.

1. Cari Tahu Kemampuan yang Mau Dikuasai

Cara menemukan passion bisa dilakukan dengan menjawab pertanyaan pada diri Anda tentang empat hal berikut: Hal apa yang paling Anda sukai? Keterampilan apa yang Anda paling ahli di dalamnya? Apakah dunia memerlukannya? Apakah Anda bisa mendapatkan income dari hal tersebut?

Anda bisa memulai dengan mengenali diri. Apa yang paling membuat Anda bisa menghabiskan waktu berlama-lama saat mengerjakan suatu hal dan juga senang saat melakukannya. Mungkin saja hal tersebut adalah passion yang Anda miliki, namun selama ini belum Anda sadari.

2. Mencari Tahu Kelebihan atau Bakat Dalam Diri

Anda bisa menanyakan kepada diri sendiri, apa keahlian atau bakat yang dimiliki dan senang dilakukan. Anda bisa mencari tahu dengan cara mempraktikkan keahlian yang dimiliki tersebut. Bila Anda suka melakukannya, tetapi menurut Anda hasilnya tidak begitu bagus, cobalah cari pendapat atau penilaian orang lain. Bila ternyata Anda mendapat pujian dari hasil karya tersebut, bisa jadi itulah passion yang Anda miliki, hanya saja Anda tidak menyadarinya. Hal penting yang perlu diingat bahwa passion bukan berarti Anda harus mahir atau menghasilkan uang dari kegiatan tersebut, melainkan sesuatu yang dapat  Anda nikmati dan antusias saat melakukannya.

3. Mencari Hal yang Membuat Bahagia

Cari tahu hal atau kegiatan apa yang membuat Anda bersemangat atau tidak sabar untuk melakukannya. Selain itu, saat melakukannya pun waktu terasa sangat cepat berlalu karena Anda sangat menikmati aktivitas tersebut. Bila sudah menemukan jawabannya, bisa jadi inilah passion yang Anda cari. Tanyakan kepada diri Anda sendiri, bukan hanya apa yang dapat menggerakkan Anda, namun juga yang membuat Anda merasa bersinar saat berhasil melakukannya.

4. Berani Mencoba

Anda mencoba dan membuktikan ke diri sendiri bahwa Anda mampu dan memang cocok dengan bidang yang disukai. Anda bisa mencari informasi terkait bidang tersebut dan bulatkan tekad untuk komitmen mencobanya selama beberapa waktu, misalnya satu hingga tiga tahun. Dalam menelusuri passion, Anda akan mengalami kegagalan, kekecewaan, dan hal-hal lainnya yang bisa menjatuhkan semangat. Melihat kemungkinan-kemungkinan ini, janganlah menyerah saat menghadapi kegagalan. Lanjutkan apa pun yang sedang Anda lakukan.

Categories: Pengembangan Diri

Tags:,

Post Your Thoughts

Related Posts
Mengenali Diri Sendiri Untuk Lebih Bahagia

Mengenali Diri Sendiri Untuk Lebih Bahagia

Pernahkah kamu merasakan ada hal yang kurang dalam dirimu? Terkadang pula kamu pernah merasa belum…

JOMO (Joy of Missing Out), Resep Bahagia Anak Muda Zaman Now!

JOMO (Joy of Missing Out), Resep Bahagia Anak Muda Zaman Now!

Hai millenial, kalian udah tau konsep kebahagiaan yang lagi banyak dibahas akhir-akhir ini ga? JOMO…

5 Kebiasaan Yang Sering Membuat Kita Tidak Bahagia

5 Kebiasaan Yang Sering Membuat Kita Tidak Bahagia

Setiap orang pasti punya keinginan untuk hidup bahagia. Tapi, pernahkah kita bertanya pada diri kita…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.