4 Tips Menjadi Mahasiswa Produktif dan Kreatif!

4 Tips Menjadi Mahasiswa Produktif dan Kreatif!

Perkuliahan daring yang kini diterapkan sebagai langkah pencegahan virus corona membawa peluang dan kesempatan besar bagi mahasiswa. Dengan sistem pendidikan daring saat ini, mahasiswa mempunyai fleksibilitas waktu yang tinggi, termasuk waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan diri. Apalagi sekarang memasuki era modernisasi, di mana perkembangan teknologi dan kemajuan di berbagai aspek kehidupan sangat nampak. Sedangkan, sebagai mahasiswa dituntut untuk terus maju serta beradaptasi dan bisa menguasai peradaban saat ini dengan lebih produktif dan kreatif.

Mahasiswa produktif dan kreatif adalah mahasiswa yang diharapkan saat ini dan mendatang, mampu menghadapi tantangan yang semakin banyak dan semakin kompleks. Di samping itu juga mereka harus menguasai ipteks dan keterampilan yang tangguh. Nah berikut ini beberapa tips menjadi mahasiswa produktif dan kreatif yang bisa kamu terapkan dengan sangat mudah dan efektif.

1. Mengikuti Seminar Daring

Pandemi telah mengubah tatanan kehidupan. Popularitas seminar daring atau webinar menjadi kian marak pasca merebaknya virus corona secara global. Berbagai komunitas dan perusahaan pun berupaya untuk menghadirkan webinar dengan berbagai topik, mulai dari finansial, pengembangan diri, politik, hingga kesehatan.

Dengan mengikut webinar, kamu akan memperoleh sejumlah kemudahan, seperti hemat waktu, tenaga, dan biaya serta bertemu dengan relasi baru. Selain itu, kamu pun juga dapat memperluas wawasan pada bidang profesional dan berkesempatan untuk berdiskusi dengan narasumber yang kompeten.

2. Mencari Kesempatan Magang dan Pekerjaan Sampingan

Mahasiswa bisa mencari kesempatan magang atau pekerjaan sampingan sesuai minat dan kemampuan guna meningkatkan track record atau pengalaman kerja. Hal ini cocok bagi para mahasiswa yang ingin mengasah skill dan mendapat penghasilan tambahan. Misalnya, sebagai mahasiswa yang hobi menulis, kamu dapat mencari pekerjaan sampingan sebagai copywriter, penulis artikel, atau penerjemah. Atau, sebagai mahasiswa Manajemen Kuliner, kamu dapat mulai membangun bisnis kecil-kecilan yang bergerak pada bidang makanan dan minuman. Akan tetapi, kamu perlu mengelola waktu dengan baik dan bertanggung jawab dengan pekerjaanmu.

3. Banyak Membaca Buku

Membaca buku tidak hanya menambah pengetahuan dan wawasan, tapi buku juga akan memberikan sejumlah manfaat. Diantaranya melatih otak, membangun kosakata, menurunkan tingkat stres, hingga mengembangkan imajinasi atau kreativitas. Selain menjadi jendela dunia, membaca buku juga akan membantumu menemukan berbagai macam inspirasi. Jadi, mulailah dengan mencari referensi buku yang kamu minati, seperti novel, biografi, pengembangan diri, atau apa pun aliran yang kamu sukai. Atau, jika kamu lebih suka mendengarkan audio, kamu dapat memilih buku audio sebagai penggantinya.

4. Mengasah Minat dan Kemampuan

Menjadi mahasiswa yang serba bisa adalah bekal yang tepat untuk mendukung pekerjaan di masa depan. Karena itu, manfaatkanlah waktu untuk mengembangkan kemampuan pada bidang yang kamu minati. Jika kamu mempunyai minat terhadap sesuatu, sebaiknya kamu perlu mengasahnya secara terus menerus. Misalnya, bagi kamu yang hobi memasak, cobalah berlatih pada jenis kuliner yang belum dikuasai. Selain itu, kamu pun dapat mengasah kemampuanmu pada bidang fotografi dan desain. Hal ini akan memudahkanmu dalam membuat materi promosi produk nantinya. Siapa tau suatu saat kamu akan berkembang dibidang tersebut.

Post Your Thoughts

Related Posts
Apa sih Tujuan Hidup Setelah Lulus Kuliah?

Apa sih Tujuan Hidup Setelah Lulus Kuliah?

Sebagian besar mahasiswa pasti setuju bahwa kekhawatiran akan masa depan justru muncul setelah lulus. Karena…

Bagaimana Cara Menciptakan Ide Bisnis?

Bagaimana Cara Menciptakan Ide Bisnis?

Semua orang bisa berbisnis, tapi tidak semua orang bisa sukses dalam menjalankan bisnisnya. Sebab, ada…

Manajemen Energi : Rahasia Produktif

Manajemen Energi : Rahasia Produktif

Manajemen energi dalam artikel ini dimaknai dalam konteks manajemen diri untuk mencapai tujuan peningkatan produktivitas…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.