Instagram merupakan media sosial yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 800 juta di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, aplikasi berbagi foto dan video milik Facebook ini tercatat ada 88,22 juta terhitung Mei 2021. Melihat fenomena ini, tak salah jika akhirnya Instagram dimanfaatkan sebagai media pemasaran bisnis.
Sehingga, instagram kini menjadi media sosial yang banyak dilirik untuk mempromosikan usaha. Agar lebih meyakinkan, akun Instagram juga memiliki fitur untuk membuat akun bisnis. Akun instagram bisnis diracang untuk bisa menarik lebih banyak audiens. Karena banyak yang menggunakan Instagram, aplikasi tersebut memang layak dijadikan pilihan untuk mempromosikan bisnis secara online.
Lalu, bagaimana cara memaksimalkan akun Istagram bisnis untuk pemula ? Berikut, tips untuk memaksimalkan akun Instagram bisnis :
1. Tentukan target audiens
Menentukan siapa target audiens kamu sebelum memposting konten, merupakan langkah wajib yang tidak boleh dilewatkan. Mungkin kamu sangat terampil menciptakan konten-konten eye-catching, tapi kalau kamu tidak tahu siapa yang kamu target, untuk apa? maka dari itu, gunakan waktu sebanyak mungkin untuk melakukan riset audiens yang tepat.
Biasanya langkah ini dilakukan dengan cara menyesuaikan produk/bidang bisnis yang kamu miliki. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengecek kompetitor yang memiliki bisnis serupa. Perhatikan bagaimana cara mereka menyajikan konten, melakukan engagement, dan konsep apa yang mereka sajikan untuk menguatkan branding.
2. Optimasi Profil Instagram Bisnis
Langkah kedua yang musti dilakukan adalah kamu mesti pintar-pintar memanfaatkan space yang ada untuk memperkenalkan bisnis kamu ke audiens. Langkah ini memang cukup tricky untuk dilakukan karena profil Instagram hanya membataskan 150 karakter saja.
Namun, usahakan untuk memberi kesan yang membuat audiens ingin mencari tahu tentang kamu lebih dalam, kamu bisa menuliskan deskripsi tentang produk bisnis, keunggulan, value, atau mengutip tentang promo yang kamu miliki saat ini. Misalnya kamu menyediakan line telephone sebagai bagian dari ruangan kantor kamu. Atau juga, kamu bisa membuat branding hashtag seperti penyedia Ojek Online.
3. Membuat Jadwal Posting
Saat ini algoritma Instagram terbilang sangat rumit. Area Home tidak lagi menampilkan postingan sesuai jam terbaru sehingga hal tersebut tentu akan mengakibatkan postingan kamu sering tenggelam dari beranda followers.
Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan waktu upload yang tepat untuk followers kamu dengan melakukan tes di waktu yang berbeda. Setelah melihat hasilnya, maka kamu dapat mengetahui kira-kira kapan waktu yang pas untuk mendapatkan jangkauan yang tinggi dari followers. Kamu juga dapat mengatur jadwal postinganmu di Instagram setiap harinya.
4. Membuat Konten Yang Berkualitas
Dalam menjalankan Instagram marketing, konten adalah unsur utama yang wajib Anda perhatikan. Konten ini tidak hanya tentang foto produk saja, tapi juga hal-hal lainnya yang bisa membuatnya menjadi konten yang menarik. Untuk membuat konten yang berkualitas, Anda bisa mencoba tips berikut ini:
Isi konten tidak harus selalu berbentuk foto produk, tapi bisa juga slideshow tentang pengetahuan dari produk ataupun infografis.
Contohnya seperti pada hari besar, seperti Idul Fitri, Natal, kemerdekaan, dan sebagainya. Cara ini akan mempengaruhi minat konsumen terhadap penawaran yang kamu tawarkan khusus pada hari tersebut.
Kamu bisa berkreasi pada konten ini. Sebagai contoh, kamu dapat menampilkan video singkat tentang inspirasi dalam membuat produk terbaru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.
Di akhir caption, buatlah tulisan yang menggiring audiens untuk menggunakan produk kamu.
5. Rutin Berkomunikasi Dengan Followers
Untuk membuat Instagram marketing berhasil, maka jangan malas untuk secara rutin berkomunikasi dengan followers kamu. Tujuannya adalah untuk mengumumkan eksistensi bisnis kamu pada pelanggan serta menciptakan crowd yang bisa meningkatkan jumlah followers ataupun pelanggan.
Dalam membangun interaksi dengan followers, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini:
6. Memanfaatkan Fitur Yang Tersedia
Untuk Instagram bisnis, kamu akan menemukan beragam fitur yang akan sangat membantu kamu dalam mempromosikan bisnis kamu. Salah satu fitur yang dapat kamu manfaatkan adalah insight yang memungkinkan kamu untuk melihat banyaknya akun yang mengunjungi profil kamu, menyukai postingan kamu, hingga yang berinteraksi dengan kamu.
Selain itu, masih ada beberapa fitur lainnya yang harus kamu manfaatkan, yaitu:
Bermanfaat untuk mempermudah audiens melihat informasi toko kamu dengan lebih detail.
Berfungsi untuk membuat interaksi dengan followers, seperti kuis, polling, dan mini content.
Memungkinkan konsumen untuk membeli produk langsung melalui feeds dan terhubung dengan platform lainnya, seperti website atau Facebook.
Memungkinkan kamu untuk membuat iklan di Instagram, baik berupa story, feeds, atau lainnya.