7 Manfaat Menulis Jurnal Harian

Faktanya, menulis jurnal harian bukanlah kegiatan alay yang dapat dipandang sebelah mata. Akan tetapi menulis sebuah jurnal secara ekspresif mengenai perasaan menjadi salah satu cara melepaskan stres dan membuat hidup lebih teratur.

Lalu apa itu jurnal harian? Jurnal harian merupakan bentuk cerita yang kamu tulis dalam sebuah kertas untuk menceritakan berbagai hal. Jurnal ini juga bisa menjadi tempat kamu untuk menceritakan kejadian di Sekolah ataupun Kantor dan perkembangan hidup kamu.

Setiap langkah kecil yang kamu lakukan dalam pekerjaan kamu bisa kamu tuangkan dalam sebuah jurnal tersebut. Memastikan bagaimana kamu bisa menuangkan sebuah emosi, motivasi, dan presepsi yang kamu miliki dalam sebuah jurnal harian.

Terkadang kamu akan sulit menceritakan suatu kejadian kepada orang lain maka, kamu bisa melimpahkannya kepada jurnal tersebut. Dengan memilih untuk menulis jurnal bukan berarti kamu adalah orang yang tertutup. Dengan menulis jurnal harian kamu bisa menuangkan semua perasaan yang kamu miliki setiap harinya tanpa takut untuk disalahkan oleh orang lain. Menulis sebuah jurnal juga bisa membantu kamu untuk tetap teratur dan disiplin dalam menjalankan kegiatan sehari-hari di kantor.

Dengan menghabiskan waktu 10-15 menit dalam sehari kamu bisa membuat daftar panjang dalam menulis. Menulis kegiatan kamu di Sekolah ataupun Kantor dan cara kamu melakukan pekerjaan juga bisa menjadi cara untuk mengisi laporan harian kamu.

Selain itu, kamu dapat menjadikan isi jurnal pribadi kamu sebagai bahan refleksi dan renungan agar menjadi lebih baik. Ingin tahu apa saja manfaat menulis jurnal harian? Simak penjelasannya.

1. Membuatmu lebih produktif

Banyak hal yang bisa ditulis dalam jurnal harian. Salah satunya kegiatan sehari-hari. Dengan menuliskan apa saja kegiatan yang akan kamu lakukan, lalu mengurutkannya sesuai prioritas dapat membuatmu lebih fokus dan produktif.

Anda bisa menulis skala prioritas dalam hidup. Mana yang membutuhkan penyelesaian  yang cepat, mana yang tidak. Tulislah prioritas dalam hidup dalam bentuk poin-poin singkat. Urutkan poin-poinnya berdasarkan skala prioritas. Tujuannya agar bisa fokus dan terarah dalam mengembangkan diri.

Luangkan waktu untuk membaca jurnal Anda. Tujuannya agar bisa tahu jenis prioritas yang telah terselesaikan dalam waktu cepat. Dengan demikian, produktivitas diri pun semakin meningkat. Kemampuan dalam memanajemeni diri sendiri menjadi semakin baik.

2. Mengelola Emosi

Menurut Intermountain Healthcare menceritakan apa yang kamu rasakan dalam bentuk tulisan tangan dapat membantu mengelola emosi. Tidak ada salahnya mengatur emosi dengan menulis, kan?

Stres memang tidak bisa dihilangkan, tetapi bisa dikurangi dan dicegah. Salah satunya dengan menulis apa yang membuatmu resah dan kamu khawatirkan di jurnal.

3. Mengevaluasi diri

Membaca jurnal yang sudah kamu tulis dapat membuatmu merasakan apa yang telah kamu lalui. Dengan begitu kamu juga dapat mengevaluasi diri dan merasa bangga terhadap apa yang telah kamu jalani.

4. Meningkatkan kecerdasan

Salah satu manfaat menulis jurnal adalah melatih otakmu. Dengan sering merangkai kata, ingatanmu akan lebih kuat. Kamu juga akan semakin mahir merangkai kata serta lebih peka terhadap sekitar. Artinya kamu akan bisa berpikir kritis dengan rajin menulis.

5. Menyimpan kenangan

Ketika kamu rajin menulis jurnal harian, itu artinya kamu tengah mengukir kenangan. Melihat-lihat kembali jurnal bisa membuatmu seakan menggunakan mesin waktu yang membuatmu kembali ke masa lalu.

6. Membantumu meraih tujuan

Dalam jurnal kamu bisa menuliskan hal-hal yang ingin kamu raih di masa depan beserta reward yang akan didapat ketika kamu berhasil mencapainya. Kamu jadi akan termotivasi untuk mewujudkan impian ketika goals kamu tercapai karena bisa mendapat reward.

7. Mengasah kreativitas

Tidak bisa dipungkiri, saat menulis kamu pasti akan menambahkan beberapa hiasan. Entah itu gambarmu sendiri atau stiker. Kamu juga akan berusaha agar tulisanmu tampak cantik dan rapi.

Post Your Thoughts

Related Posts
Kesalahan Yang Biasanya Dilakukan Oleh Orang Pintar

Kesalahan Yang Biasanya Dilakukan Oleh Orang Pintar

Mempunyai kemampuan dan ilmu yang lebih daripada orang lain mungkin menjadi sebuah keistimewaan. Tetapi tak…

Tips Anti Bete Hadapi Pekerjaan

Tips Anti Bete Hadapi Pekerjaan

Pekerjaan yang tak ada habisnya seringkali membuat capek, lelah, bahkan bisa sampai bikin sakit. Aktivitas…

Pentingnya Menjaga Lingkungan Bagi Kelestarian Alam

Pentingnya Menjaga Lingkungan Bagi Kelestarian Alam

Alam Adalah anugerah Tuhan yang harus kita jaga dan mensyukurinya, karena alam adalah sesuatu yang…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.