Apa Itu Product Roadmaps?

Halo pembaca yang baik, sebelum memulai bisnis, Anda harus membuat product roadmaps untuk menentukan tujuan dan arah bisnis Anda. Apa itu product roadmaps? Product Roadmaps adalah perencanaan yang cocok untuk jangka pendek dan jangka panjang untuk perkembangan suatu produk. Pembuatan product roadmaps bertujuan untuk menjelaskan visi dan strategi produk, menyiapkan dokumen untuk panduan menjalankan strategi, dan membantu komunikasi kepada seluruh stakeholder.

Fungsi product roadmaps sebagai alat komunikasi dengan internal dan eksternal stakeholder yaitu untuk menyelaraskan rencana anggaran dan pengembangan produk. Beberapa stakeholder yang akan terlibat diantaranya adalah pemilik usaha, manager produksi, tim desain, tim pengembangan, tim pemasaran, konsumen, dan partner bisnis.

Untuk menentukan fitur mana yang ditambahkan ke product roadmaps bisnis Anda, harus didasari pada apa yang akan memiliki dampak terbesar bagi bisnis Anda. Apa yang harus dilakukan untuk membuat product roadmaps? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Apa itu Product Roadmaps?

1. Menentukan Strategi

Manager produk harus menetapkan sasaran dan arah utama tujuan produk. Visi tersebut akan mendefinisikan prospek produk Anda, siapa target dan apa yang akan dilakukan oleh tim Anda. Visi yang kuat didukung oleh detail siapa konsumen, apa yang dibutuhkan konsumen, dan bagaimana pemasarannya.

2. Customize Releases

Buatlah rencana target untuk waktu rilis produk Anda. Tak jarang waktu yang tepat menurut stakeholder internal bisa berbeda dengan stakeholder eksternal, maka buatlah jangka waktu yang luas agar tepat sasaran misalnya rilis per triwulan. Untuk menarik perhatian konsumen, Anda bisa membuat tema, tampilan, atau fitur yang berbeda-beda pada tiap rilis.

3. Membuat Prioritas Permintaan

Dalam sebuah riset mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen, tentu Anda mendapatkan hasil beberapa macam permintaan. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mempunyai prioritas permintaan untuk menghasilkan produk yang sesuai. Anda bisa memakai sistem perankingan segi metrik, skala, bobot, dan kompleksitas suatu permintaan untuk mendapatkan permintaan yang paling diproritaskan. Kemudian pilihlah secara obyektif yang sesuai dengan target dan memiliki dampak besar untuk bisnis Anda.

4. Share Kepada Tim

Langkah terakhir adalah bagikan pertimbangan yang sudah Anda buat kepada tim Anda. Jelaskan apa saja yang menjadi target dan prioritas bisnis Anda, sehingga tim akan bekerja sama untuk mencapainya berdasarkan product roadmap yang telah Anda buat.

Sebagai pengusaha yang sukses, Anda harus melakukan banyak hal untuk mencapai target yang Anda inginkan. Maka dari itu teruslah bersemangat melakukan banyak hal tersebut.

referensi:

https://www.dictio.id/t/bagaimana-langkah-langkah-membuat-product-roadmap-yang-tepat/36452/2

https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-peta-jalan-produk-atau-product-roadmap/15188

Post Your Thoughts

Related Posts
TEMPAT KERJA NYAMAN PLUS KOPI GRATIS TIAP HARI

TEMPAT KERJA NYAMAN PLUS KOPI GRATIS TIAP HARI

TEMPAT KERJA NYAMAN PLUS KOPI GRATIS TIAP HARI Coworking Space kantor fleksibel di solo yang…

Apa Widya Edu? Yuk Kenalan

Apa Widya Edu? Yuk Kenalan

Pernah denger nama Widya Edu? Apa itu Widya Edu? Widya Edu adalah aplikasi pembelajaran online…

Menggunakan Bitcoin Dalam Bisnis Anda

Menggunakan Bitcoin Dalam Bisnis Anda

Bitcoin adalah mata uang digital yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang atau kelompok yang…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.