Halo pembaca yang baik, sebelum memulai bisnis, Anda harus membuat product roadmaps untuk menentukan tujuan dan arah bisnis Anda. Apa itu product roadmaps? Product Roadmaps adalah perencanaan yang cocok untuk jangka pendek dan jangka panjang untuk perkembangan suatu produk. Pembuatan product roadmaps bertujuan untuk menjelaskan visi dan strategi produk, menyiapkan dokumen untuk panduan menjalankan strategi, dan membantu komunikasi kepada seluruh stakeholder.
Fungsi product roadmaps sebagai alat komunikasi dengan internal dan eksternal stakeholder yaitu untuk menyelaraskan rencana anggaran dan pengembangan produk. Beberapa stakeholder yang akan terlibat diantaranya adalah pemilik usaha, manager produksi, tim desain, tim pengembangan, tim pemasaran, konsumen, dan partner bisnis.
Untuk menentukan fitur mana yang ditambahkan ke product roadmaps bisnis Anda, harus didasari pada apa yang akan memiliki dampak terbesar bagi bisnis Anda. Apa yang harus dilakukan untuk membuat product roadmaps? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
Manager produk harus menetapkan sasaran dan arah utama tujuan produk. Visi tersebut akan mendefinisikan prospek produk Anda, siapa target dan apa yang akan dilakukan oleh tim Anda. Visi yang kuat didukung oleh detail siapa konsumen, apa yang dibutuhkan konsumen, dan bagaimana pemasarannya.
Buatlah rencana target untuk waktu rilis produk Anda. Tak jarang waktu yang tepat menurut stakeholder internal bisa berbeda dengan stakeholder eksternal, maka buatlah jangka waktu yang luas agar tepat sasaran misalnya rilis per triwulan. Untuk menarik perhatian konsumen, Anda bisa membuat tema, tampilan, atau fitur yang berbeda-beda pada tiap rilis.
Dalam sebuah riset mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen, tentu Anda mendapatkan hasil beberapa macam permintaan. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mempunyai prioritas permintaan untuk menghasilkan produk yang sesuai. Anda bisa memakai sistem perankingan segi metrik, skala, bobot, dan kompleksitas suatu permintaan untuk mendapatkan permintaan yang paling diproritaskan. Kemudian pilihlah secara obyektif yang sesuai dengan target dan memiliki dampak besar untuk bisnis Anda.
Langkah terakhir adalah bagikan pertimbangan yang sudah Anda buat kepada tim Anda. Jelaskan apa saja yang menjadi target dan prioritas bisnis Anda, sehingga tim akan bekerja sama untuk mencapainya berdasarkan product roadmap yang telah Anda buat.
Sebagai pengusaha yang sukses, Anda harus melakukan banyak hal untuk mencapai target yang Anda inginkan. Maka dari itu teruslah bersemangat melakukan banyak hal tersebut.
referensi:
https://www.dictio.id/t/bagaimana-langkah-langkah-membuat-product-roadmap-yang-tepat/36452/2
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-peta-jalan-produk-atau-product-roadmap/15188