Cara Mengatasi Rasa Insecure dan Minder

Akhir-akhir ini sering banget dengar istilah insecure. Sebenarnya apa sih insecure itu? Insecure adalah istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri. Istilah insecure ini sebenarnya sudah ada sejak lama, hanya berbeda penggunaan istilahnya saja yaitu minder. Nah, bagaimana cara mengatasi rasa insecure atau minder itu? Yuk kita bahas.

Cara Mengatasi Rasa Insecure dan Minder

Merasa insecure ketika melakukan suatu hal itu normal, kok. Namun, insecure yang berlebihan dan dibiarkan berlama-lama bisa menghambat potensi yang ada pada diri. Oleh karena itu, kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus diatasi. Rasa insecure bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti membandingkan dengan orang lain, melihat ke masa lalu, overthinking, dan mendengar komentar negatif orang. Perasaan insecure tidak hanya berakibat terhadap kepedean diri, tapi juga bisa berdampak terhadap kesehatan. Seseorang yang merasa insecure biasanya akan mengalami gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, gangguan makan, dan kelelahan kronis. Maka dari itu harus dilakukan beberapa cara untuk mengatasi rasa insecure.

Berpikir Positif

Hidup ibarat roda yang berputar untuk setiap orang. Di satu waktu, terkadang seseorang bisa berada di atas dan adakalanya ia akan berada di bawah. Namun, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi persoalan yang terjadi pada hidupnya. Dalam menyikapi persoalan hidup, cobalah untuk tetap berpikir positif. Dengan begitu kamu bisa menyelamatkan diri dari perasaan-perasaan negatif. Berpikir positif juga bisa dilakukan dengan cara selalu bersyukur. Bersyukur bisa mengurangi beban pikiran secara perlahan hingga hilang dengan seiring berjalannya waktu. Tapi perlu kamu ingat bersyukur saja tidak cukup, tambahkan usaha dan berdoa sekuat tenaga.

Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain tidak selamanya berujung negatif, tetapi umumnya banyak energi yang terbuang dan bersifat toxic. Nah, di tengah maraknya penggunaan media sosial seperti saat ini, kita bisa melihat banyak sekali hal yang terjadi pada hidup orang lain. Sering kali apa yang kita lihat di media sosial nampak sangat indah. Rasanya sulit untuk tidak membandingkannya dengan apa yang kita punya. Oleh karena itu, cobalah kurangi penggunaan media sosial agar kamu tidak fokus dengan kehidupan orang lain dan tidak membanding-bandingkan diri.

Lakukan Hal yang Membuatmu Bahagia

Cobalah untuk lebih fokus melakukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia seperti perawatan diri, olahraga, atau melakukan passionmu. Menjadi dan mencintai diri sendiri mungkin juga bisa membuatmu bahagia. Mencintai diri sendiri membuatmu bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri sehingga cepat atau lambat kamu akan memahami karakteristik dirimu. Lakukanlah sesuatu dengan cara sederhana namun bisa membuat perubahan yang besar bagi hidupmu.

Bergaul Dengan Orang yang Positif

Menjauhkan diri dari pergaulan yang tidak positif dan orang-orang yang memberi kritik menjatuhkan bisa menjadi salah satu cara mengatasi rasa insecure. Lingkungan pertemanan dan pergaulan yang suportif dan positif akan meningkatkan rasa percaya diri. Pasti kan ada orang-orang yang penuh kasih dan suportif untuk membangun kepercayaan diri dan membuatmu merasa diterima apa adanya.

Jika memiliki perasaan insecure, cobalah menerapkan tips-tips di atas. Namun, jika rasa insecure itu tak kunjung hilang dan membuatmu merasa terganggu, sebaiknya carilah bantuan profesional seperti psikolog.

Post Your Thoughts

Related Posts
Pentingnya Mengembangkan Potensi Diri

Pentingnya Mengembangkan Potensi Diri

Menghadapi dunia kerja, seseorang dituntut harus memiliki kemampuan dalam menunjang karirnya. Pengenalan potensi diri sangatlah…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.