IDE BISNIS UNTUK ANAK MUDA

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan manusia juga kian berkembang. Kondisi ini bisa ditinjau dari anak muda yang semakin banyak untuk terjun ke dalam dunia bisnis. Mulai dari bisnis kecil hingga bisnis yang melibatkan tim. Millenial sekarang harus mulai beradaptasi dengan perkembangan ini semua.

Untuk pelaksanaan bisnis yang dimulai anak muda ini cenderung terbentuk karena kondisi budaya lingkungan. Banyak dari anak muda yang menyadari keinginan yang sangat tinggi hingga membutuhkan banyak modal untuk mewujudkannya. Dan diusia yang muda ini sangat cocok untuk memulai suatu bisnis. Usia dimana bisa menjelajah dunia lebih banyak daripada pada saat nanti sudah menginjak masa tua. Nah buat yang masih bingung mau bisnis apa diusia muda, berikut rekomendasi bisnis untuk anak muda menurut idntrepreneur :

1. Bisnis Toko Online

Bukan hal yang baru lagi, pada era modern ini hampir semua bentuk transaksi melibatkan internet. Maka dari itu, model bisnis toko online sangatlah cocok. Terlebih dengan munculnya e-commerce membuat akses berjualan ditoko online sangatlah mudah. Untuk memulai bisnis ini cukup bermodalkan gadged dan kecepatan internet mampu bisa menghasilkan pundi-pundi pemasukan. Untuk barang yang dijual pun sangat banyak variasi mulai dari fashion hingga aksesoris.

Bisnis ini sangat ramah di anak muda karena dengan modal yang minim apalagi dalam hal operasional, kalian bisa mendapatkan tambahan uang jajan. Kalian bisa melakukan pemasaran online dengan menaikkan engagement setiap sosial media ataupun e-commerce yang kalian gunakan dalam berjualan agar mudah merayu perhatian masyarakat.

2. Affiliate Marketing

Mendengar namanya saja pasti kalian langsung berpikiran tentang pemasaran. Yap benar sekali model ini sedang gencar sekali dilingkup anak muda. Menurut Pat Flynn dari Smart Passive Income, Affiliate Marketing atau pemasaran afiliasi adalah proses penawaran atau promosi produk menggunakan jasa afiliasi professional.

Didalam bisnis ini, anak muda menjadi afiliasi yang nantinya akan dibayar dengan dua metode, pembayaran awal dan bayar per produk yang berhasil terjual. Untuk cara pemasaran yang dilakukan sangatlah mudah. Cukup dengan membuat video review ataupun menampilkannya diakun sosial media yang kalian miliki dengan memberikan link e-commerce penjual. Sehingga bisnis afiliasi ini sangat menjanjikan hanya bermodalkan konten marketing mampu menghasilkan cuan. 

3. Jasa Sosial Media Marketing

Masih seputar teknologi khususnya digital. Model bisnis ini sangat cocok dengan anak muda jaman sekarang. Hampir setiap hari anak muda selalu bermain sosial media. Jadi tidak salahnya untuk mengubah kebiasaan ini menjadi lembaran cuan.

Sosial media marketing ini kerap kali dibutuhkan oleh pemilik bisnis yang kurang uptodate dengan perkembangan. Oleh karena itu mereka menggunakan jasa ini agar penjualan tetap lancar dan anak mudapun memilik penghasilan. Nah untuk pelaksanaan bisnisnya juga sangatlah mudah. Cukup dengan kemampuan marketing dan komunikasi melalui sosial media maka anda bisa memulai bisnis ini.

4. Bisnis Event Organizer

Bisnis ini sangat cocok buat kalian yang aktif berorganisasi baik dilingkungan sekolah ataupun masyarakat. Cukup bermodalkan pengalaman mengatur suatu acara kalian bisa membangun bisnis EO. Pengalaman ataupun rekam jejak kalian dapat ditunjukkan dengan portofolio yang sudah disiapkan dengan matang. Jasa yang kalian tawarkan beragam mulai dari acara pernikahan, acara lamaran, acara ulang tahun, acara kantor, dan masih banyak lagi.

Keuntungan dari event organizer ini adalah tidak membutuhkan modal yang besar selama anda dapat menarik sumber daya manusia atau bangun tim yang mau bekerja berdasarkan proyek dengan sistem pembayaran tempo sesuai pembayaran klien. So, buat anak muda yang memilik banyak teman bisa banget ubah teman nongkrong kalian jadi tim EO yang menghasilkan cuan.

5. Bisnis Cafe

Populasi Cafe semakin meningkat, budaya makan, nongkrong menghabiskan waktu di cafe juga sangat digandrungi masyarakat khususnya anak muda. Namun dengan kondisi ini, jangan sampai ketinggalan kesempatan, anak muda juga bisa menjadi pemilik cafe.

Untuk cafe sangatlah menyenakan apalagi kalau anda termasuk orang yang friendly memiliki lingkup pertemananan yang besar. Serta anda termasuk orang yang memiliki kreativitas dan komunikasi yang mumpuni, sangatlah cocok mendirikan cafe.  Model bisnis ini  menjanjikan karena hampir semua anak muda berlomba untuk bisa spend time di cafe ataupun sekedar kebutuhan sosial media semata. Jadi buat anak muda yang memiliki kreativitas yang tinggi memulai bisnis cafe adalah hal yang paling menjanjikan.

6. Bisnis Makanan Ringan

Siapa disini yang hobi nyemil? Nampaknya hampir semua dari kita menyukai kegiatan tersebut. Nyemil biasanya menggunakan jenis makanan ringan dan akan dilakukan berkelanjutan. Maka dari itu dengan kondisi budaya nyemil ini, kalian anak muda bisa banget mulai dengan berjualan makanan ringan.

Jenis makanan ringan yang kerap diburu sekarang adalah makanan yang memiliki citarasa menggoda seperti Makaroni pedas, mie lidi, basreng dan masih banyak lagi. Proses pembuatannya pun sangat mudah. Jika kalian tidak mau ribet kalian juga bisa menjadi reseller dari sektor makanan ringan yang nantinya akan kalian jual kembali.

7. Bisnis Kuliner Kekinian

Di era yang serba digital ini banyak hal baru cepat viral. Salah satunya berdampak dibidang kuliner. Banyak model makanan minuman yang hadir. Dengan munculnya kuliner ini sangat menggugah penasaran masyarakat sehingga tingkat konsumsi masyarakat meningkat.

Sebelumnya, untuk jenis kuliner kekinian ini ada es kepal milo, es dalgona, thai tea, boba, geprek. Semua ide tersebut tidak membutuhkan modal yang besar, cukup dengan alat bahan yang sederhanan kalian bisa menciptakan atau mengikuti model kuliner terkini.

8. Membuat Channel Youtube

Youtube merupakan situs web yang sering digunakan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai usia. Cukup dengan memproduksi video saja kalian dapat mendatangkan adsense yang akan menjadi lembaran cuan.

Menjadi creator youtube kuncinya ialah konsisten. Dengan rajin menguoload video dengan konsep yang sudah matang kalian akan mengundang subscriber. Perkembangan waku, menambahnya subscriber ini bisa mendatangkan adsense yang mana akan menjadi pendapatan kalian. Hanya bermodalkan ide kreatif, dan selera humor yang bagus serta pandai membuat cerita maka kalian wajib mencoba pialang bisnis ini. Sebagai conton kalian bisa melihat RANS Entertaiment, Ria Ricis, Gen Halilintar yang sukses di kanal youtube.

9. Jasa Videografi dan Fotografi

Video dan foto sekarang sudah menjadi bagian yang melekat dalam kehidupan. Semua kegiatan akan didokumentasikan entah untuk konsumsi pribadi ataupun dikomersialkan. Nah, model jasa ini sangatlah cocok untuk bisnis muda karena model ini sangat dekat dengan teknologi dan kreativitas.

Menjadi videographer cukup dengan membuat video berkualitas yang mana akan menarik perhatian client. Begitu juga dengan fotografi, bukan hanya kemampuan membidik gambar saja. Kalian juga harus memiliki kreativitas dalam penyajian foto yang kalian ambil. Jadi buat kalian yang memiliki keahlian dalam bidang videografi dan fotografi tak salah untuk membuka bisnis ini dari sekarang juga.

10. Bisnis Desain Grafis

Anak muda pasti sudah tidak asing lagi dengan design grafis. Banyak aplikasi desain yang semakin gampang digunakan untuk media menuangkan kreativitas. Dengan itu, model ini sangatlah cocok cukup bermodalkan laptop ataupun gadged kalian bisa melebarkan sayap di dunia design. Hal ini bisa dilakukan dengan menjadi freelancer ataupun membuka jasa untuk suatu perusahaan yang mana akan membantu pelaku usaha dalam bidang marketing

Ide ini cocok untuk anak muda yang memiliki kreativitas dan kemahiran dalam menggunakan software desain grafis. Model desain bisa dalam bentuk poster, feed, desain ilustrasi promo, dan lainnya. Tak lupa juga untuk softwarenya kalian bisa menggunakan photoshop, adobe illustrator, dan yang terbaru ada Canva.

Berikut rekomendasi bisnis untuk anak muda yang wajib kalian coba. Untuk memulai suatu bisnis kalian harus sesuaiin dulu minat bakat kalian agar pada saat melakoninya pun kalian bisa percaya diri dan bisnis berjalan sesuai target. Nah buat kalian semua yang masih bingung mau memulai bisnis yang mana dan belum mendapatkan teman. Kalian bisa main ke El Samara Coworking Space dimana kalian akan bertemu dengan orang atau pelaku bisnis yang bisa saling sharing untuk bisnis yang akan kalian ambil.

Post Your Thoughts

Related Posts
Marketing Zaman Old Vs Zaman Now? Apa Bedanya ??

Marketing Zaman Old Vs Zaman Now? Apa Bedanya ??

Digital marketing zaman dulu lebih terbatas dalam hal teknologi dan jangkauan audiens. Platform yang digunakan…

7  Tips Membeli rumah untuk milenial yang nyaman

7 Tips Membeli rumah untuk milenial yang nyaman

Rumah adalah tempat ternyaman untuk pulang, apalagi rumah yang kita tinggali adalah hasil dari jerih…

Tips Memahami Konsumen

Tips Memahami Konsumen

Hai, calon pengusaha sukses, semua bisnis pasti tak lepas dari peran konsumen. Bahkan beberapa pengusaha…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.