INTIP STRATEGI MEMULAI BISNIS STARTUP

Saat ini perkembangan bisnis semakin meluas, salah satunya lahirnya bisnis startup. Pasti kalian sudah tidak asing dengan istilahnya. Apalagi dikalangan gen millennial dan gen Z mereka sangat dekat dengan model bisnis terbaru. Bahkan banyak dari anak muda yang berlomba untuk mendirikan sebuah startup. Namun, apakah kalian sudah tau bagaimana bisnis startup muncul dan perjalanan yang akan dihadapi? Nah untuk menjawab itu semua, akan kami bantu untuk mengenal lebih dekat tentang startup. Yuk simak dengan lengkap supaya startup milikmu bisa berkembang.

Ditinjau dari bahasanya, startup memiliki makna rintisan. Jadi dapat diartikan bahwasanya startup adalah sebuah bisnis rintisan, dimana tujuan awal bisnis ini biasanya perkembangan hingga penguasaan pasar dengan cepat lalu menjadi perusahaan besar. Selanjutnya, untuk pengertian startup menurut Investopedia, startup adalah perusahaan rintisan yang didirikan oleh satu atau banyak orang untuk mengembangkan sebuah produk atau layanan unik yang sesuai dengan target pasar. (glints)

Jenis bisnis ini cenderung menggunakan sistem online untuk memasarkan produk atau layanan sehingga memiliki potensi pertumbuhan yang sangat cepat. Tak jarang anak muda melirik model seperti ini, karena lebih mengandalkan teknologi informasi dan elektronik. Startup memiliki karakteristik yang sangat adaptif dimana kemunculannya sesuai dengan kebutuhan pasar. Kemunculan startup khususnya di Indonesia begitu sangat cepat hingga acap kali menimbulkan persaingan bisnis.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak peluang untuk lahirnya suatu startup. Menurut jurnalentrepreneur, terdapat lebih dari 1000 pelaku bisnis startup di Indonesia dengan perkembangan yang cukup baik. Hal ini mendorong terbentuknya komunitas salah satunya di Solo ada Solo Next Startup  dan di Bandung ada Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia. Kemudian dengan munculnya bisnis ini membuat semua perusahaan rutin melakukan inkubasi dan pelatihan bisnis seperti Google Gapura Digital. Namun, di Indonesia startup yang sudah berjalan lebih banyak tentang game, e-commerce, dan penyedia informasi.  Kondisi ini belum sebanding dengan Amerika Serikat yang sangat lekat dengan dunia startup hampir disetiap kegiatannya. (jurnal.id)

Peluang yang hadir ini justru menimbulkan kemungkinan terburuk suatu bisnis, yaitu rugi. Banyak startup yang gulung tikar karena kurangnya kecakapan menghadapi pola pasar. Oleh karena itu akan kami bantu untuk tips mendirikan startup :

1. Bentuk tim yang solid dan jaga konsistensi.

Startup dalam pembentukannya melibatkan tim. Sebuah tim harus solid agar suatu rencana dapat mencapai tujuannya. Untuk membangun tim yang solid, dibutuhkan visi yang sama antar semua anggota. Jika ada perbedaan sedikit pun terutama dalam visi dikhawatirkan bisnis yang dibangun akan mudah tergulingkan. Selanjutnya selain satu visi, sebuah tim harus konsisten dimana mereka menyadari bisnis yang ditekuni bersifat continuity.

2. Terus bertanya, jangan berpuas diri.

Malu bertanya sesat di jalan, maksud dari peribahasa ini bermakna sama dengan unsur startup yaitu banyak belajar guna mencapai tujuan awal. Jadi dalam pendirian startup diperlukan pola pikir yang kritis dan inovatif. Sebagai pelaku bisnis tidak boleh cepat puas. Kalian harus menyiapkan segala jawaban yang mana menjadi tanda tanya di pasar.

3. Carilah investor yang dapat menguntungkan

Investor sangat diperlukan dalam bisnis. Mereka akan tertarik dengan kalian jika memiliki visi dan produk yang jelas. Maka dari itu persiapkan model bisnis yang menarik dengan kredibilitas yang tinggi sehingga investor akan datang sendirinya atas bisnis Anda.

4. Idealisme penting, mentor lebih penting.

Pelaku bisnis seringkali terlalu percaya dengan dirinya sendiri. Hal ini sangat bagus, namun lebih baik jika mencoba untuk membuka telinga agar mampu menerima saran dari pasar ataupun mentor terdahulu. Jangan terlalu kaku, atau proyek garapan Anda akan hancur perlahan.

5. Selalu buat roadmap usaha

Sesuai maknanya, roadmap adalah petunjuk. Jadi penting adanya roadmap agar bisnis yang dijalani bergerak sesuai dengan tujuan awal. Hal ini sangat berguna untuk menganalisis ide, riset, dan memantau jalannya usaha.

6. Andalkan digital marketing

Sudah tidak asing lagi, digital marketing sangat perlu digunakan terutama dalam pergerakan startup. Sesuai dengan namanya ini berguna dalam bidang pemasaran. Namun, banyak dari pelaku startup yang melupakan hal ini karena terlalu berfokus kepada pemanfaatan teknologi digital. Digital marketing sendiri bisa melalui Googe Ads, SEO, dan juga sosial media. Dalam hal ini sekaligus dilakukan branding suatu bisnis yang sedang Anda tekuni.

7. Percaya diri

Hampir semua keputusan yang kita ambil, kita harus percaya diri terutama sebagai pelaku startup. Terdapat celah sedikit keraguan akan berdampak pada startup yang dijalankan. Sehingga harus fokus atas tindakan yang diambil dalam melakoni startup dan selalu semangat dalam melakukan pengembangannya.

Setelah mengetahui tips pendirian startup, Anda juga harus mengetahui perkembangannya, khususnya di Indonesia. Startup di Indonesia selalu mengalami perkembangan dan yang paling banyak diminati adalah game dan aplikasi edukasi. Hal ini dikarenakan kemudahan kebermanfaatan yang diterima oleh pasar di Indonesia. Salah satu contohnya ada IDXChannel, GoTo, Traveloka, Bukalapak dan masih banyak lagi.

Buat kalian yang masih bingung mulai bangun startup darimana bisa banget main ke El Samara Coworking Space untuk bertemu dengan teman baru yang nantinya akan menjadi tim kalian. Selain mendapatkan tim kalian juga bisa mendapatkan suasasana bekerja yang sangat nyaman dengan harga yang terjangkau. Makanya biar kalian tidak penasaran langsung saja datang dan bangun startup impian kalian.

There are 2 comments

  1. […] sebelumnya sudah membahas tentang bagaimana cara memulai bisnis startup sekarang kita akan lanjut dengan bagaimana mempertahankan startup dengan macam pendanaan yang ada. […]

  2. I may need your help. I tried many ways but couldn’t solve it, but after reading your article, I think you have a way to help me. I’m looking forward for your reply. Thanks.

Post Your Thoughts

Related Posts
Pentingnya Coaching Bagi Entrepreneur

Pentingnya Coaching Bagi Entrepreneur

Dalam dunia bisnis dan professional sering kali kan kita mendengar istilah Coach atau Coaching? Namun…

Tips Memulai Bisnis Frozen Food

Tips Memulai Bisnis Frozen Food

Semenjak terjadinya pandemi Covid-19 dan pemerintah masih menerapkan sistem PSBB, frozen food atau makanan beku…

Ketahui 7 Hal ini Sebelum Bisnis Startup Gagal

Ketahui 7 Hal ini Sebelum Bisnis Startup Gagal

Bisnis startup menjadi primadona belakangan ini. Orang-orang menemukan cara baru untuk berbisnis. Mereka semua ingin…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.