MACAM PENDANAAN STARTUP

Setelah membangun startup pasti memperlukan pendanaan rupa-rupa untuk kestabilan bisnis. Tak jarang dari kita masih rancu untuk memulai atau mengambil darimana modal akan tetap hadir. Apalagi jika kamu merupakan pemilik startup pasti hampir tiap hari akan dihantui dengan besarnya dana untuk kemajuan suatu bisnis yang dituju. Melihat permasalahan pendaanaan ini, acap kali membuat startup guling tikar. Hal ini dikarenakan kurangnya pengalaman baik dalam keuangan ataupun ketanggapan menerima suatu permasalahan baru. Namun, tenang saja disini kita akan memberikan solusi agar startup yang kalian bangun bisa berjalan dengan sumber pendanaan yang jelas.

Jika sebelumnya sudah membahas tentang bagaimana cara memulai bisnis startup sekarang kita akan lanjut dengan bagaimana mempertahankan startup dengan macam pendanaan yang ada. Berbicara pendanaan, pasti semua bisnis akan dimulai dari Bootstrapping atau dana pribadi. Model pendanaan ini sangatlah sulit karena kita harus mengumpulkannya terlebih dahulu dari besaran yang kita miliki pribadi sebagai modal awal mendirikan bisnis.

Selanjutnya, untuk mempertahankan startup kita membutuhkan suntikan pendanaan lain guna mempertahankan usaha. Hal ini kita membutuhkan investor untuk mendapatkan pendanaan, proses ini disebut Seed Capital atau Seed Funding. Dengan proses ini kita bisa memahami mengenai besaran yang akan digunakan dalam merayu pasar sehingga dapat menentukan keseluruhan dana yang dibutuhkan. Seed Capital bisa bersumber dari orang terdekat, crowdfunding, angel investor, dan venture capital.

Selain pendanaan pribadi dan investor awal, startup memperlukan jenis pendanaan lain dalam pertumbuhannya. Jenis pendanaan ini didapatkan dari pihak eksternal yang tertarik akan bisnis kita. Berikut jenis pendanaan yang akan siap mendukung jalannya bisnis startup :

1. Pendanaan Seri A

Setelah startup memiliki kinerja yang baik,  perusahaan akan melanjutkan pendanaan seri A. Dalam tahap ini, startup harus mengoptimalkan penawaran produk, memperluas pasar, melakukan ekspansi, dan selalu berinovasi agar investor yakin akan perusahaan kita  Pada tahapan ini biasanya startup mulai membuka cabang secara nasional maupun internasional. Dan investor akan melirik strategi yang perusahaan miliki atas keuntungan jangka panjangnya. Biasanya pendanaan ini bersumber dari angel investor, dan venture capitalist.

2. Pendanaan Seri B

Tahapan pendanaan ini didapatkan saat startup memasuki usia 2-4 tahun. Jumlah dana yang didapatkan bisa mencapai US $33 juta. Jenis pendanaan ini diberikan kepada bisnis yang sudah mengalami peningkatan market share dan scalling serta mampu bertahan diantara kompetitor. Dengan pendanaan seri B ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan produk dan layanan untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas dari sebelumnya.

3. Pendanaan Seri C

Jenis pendanaan ini diperoleh jika telah menunjukkann pertumbuhan ekspansi yang luar biasa. Diharapkan dengan Pendanaan Seri C ini mampu digunakan untuk terus mengembangkan bisnis startup menuju pasar global. Besaran pendapatan ini mencapai US$ 50 juta. Investor dari pendanaan bisa berasal dari private equality, dan hedge fund ataupun investor besar lainnya.

Dari semua jenis pendanaan yang dimiliki oleh startup berguna untuk keberlangsungan suatu perusahaan. Salah satunya Moladin, Car Marketplace ini merupakan salah satu startup yang kerap menjadi perhatian investor. Perjalanan Moladin juga sangatlah menarik bermula dari web pembelian motor hingga menjadi platform marketplace pada tahun 2021. Seiring dengan perkembangan manusia yang mengubah mobil menjadi kebutuhan primer membuat Moladin semakin berkembang. Hal ini mampu mengugah investor akan strategi bisnisnya.

Belum lama tepat tahun 2022 ini, Moladin mendapatkan suntikan dana Seri B dari DST Global Perusahaan Investasi Internet sebesar $ 95 juta atau setara 1,4 trilliun rupiah. Diwaktu sebelumnya Moladin sudah mendapatkan pendanaan Seri A sebesar 42 juta dari Sequila Capital India dan Northstar Group. Dengan semua pendanaan yang didapatkan oleh Moladin ini, dia dapat melakukan ekspansi bisnis yang lebih luas lagi.

Selain itu, Moladin termasuk salah satu member aktif di El Samara Coworking Space. Moladin cabang Solo ini menyewa private office yang digunakan untuk kelangsungan startup yang mereka jalani sebagai car marketplace.

Nah, itu tadi jenis pendanaan startup sekaligus contohnya yang berhasil mendapatkan suntikan modal dari investor. Jadi buat kalian yang masih bingung dengan pendanaannya tak perlu ragu lagi. Dengan berkembangnya suatu bisnis yang kita bangun serta inovasi yang dilakukan akan mendatangkan investor dengan sendirinya.

Post Your Thoughts

Related Posts
3 Cara Alternatif Untuk Memperoleh Modal Usaha

3 Cara Alternatif Untuk Memperoleh Modal Usaha

Ketika mempunyai keinginan untuk membuat sebuah bisnis, biasanya yang terpikirkan pertama kali adalah seberapa besar…

Fungsi Enterprise Resource Planning (ERP)

Fungsi Enterprise Resource Planning (ERP)

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan singkatan dari tiga elemen kata enterprise (perusahaan/organisasi), resource (sumber daya),…

Yaolo Yaolo Yaolo! Belajar Digital Marketing dari Bunda Corla

Yaolo Yaolo Yaolo! Belajar Digital Marketing dari Bunda Corla

Nama influencer Bunda Corla tengah ramai menjadi topik pembicaraan di media sosial Tanah Air. Pemilik nama lengkap Cynthia Corla…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.