Mencapai Kesuksesan Ala Jack Ma

Mencapai Kesuksesan Ala Jack Ma

Kesuksesan menjadi dambaan bagi setiap orang. Tapi tidak semua keinginan kita dapat tercapai dengan mudah. Perlu adanya usaha nyata dan doa yang tak boleh ditinggalkan. Anda yang ingin mencapai kesuksesan haruslah mempersiapkan diri, salah satunya tokoh sukses yang dapat dicontoh adalah Jack Ma. Mungkin sebagian Anda sudah tak asing lagi mendengar kesuksesan Jack Ma. Jack Ma adalah salah satu orang terkaya di China. Bukan hanya persoalan kaya harta, ia juga telah banyak berbagi ilmu, berkontribusi bagi banyak orang, menjadi pembicara di berbagai acara di banyak negara.

Perjalanan Kesuksesan Jack Ma

Jack Ma lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada 10 September 1964. Jack Ma yang saat ini kita tahu adalah orang terkaya di china yang merupakan pendiri e-commerce Alibaba. Alibaba adalah perusahaan jual beli di internet yang mana merupakan sebuah marketplace B2B (bisnis ke bisnis) terbesar di China. Jack Ma bukan dilahirkan dari keluarga kaya. Bahkan sejak SD  sampai SMA untuk bisa diterima disekolah saja ia harus melakukan tes berulang-ulang. Jack Ma pernah di tidak lolos beberapa kali masuk di Universitas.

Jack Ma menempuh kuliah di Hangzhou Teacher’s Institute (sekarang disebut Hangzhou Normal University) jurusan Bahasa Inggris dan lulus pada tahun 1988. Setelah lulus kuliah, Jack Ma menjadi salah satu pengajar bahasa Inggris dan Perdagangan Internasional di Hangzhou Dianzi University. Kemudian Jack Ma mendaftar masuk kuliah master di Cheung Kong Graduate School of Business (CKGSB) di Beijing. Beliau berhasil lulus pada tahun 2006.

Berkat kemampuanya dalam berbahasa inggris, telah membuka peluang baginya untuk datang ke Amerika Serikat pada tahun 1995. Saat itu temannya menawarkan Jack Ma untuk mencoba membuka internet/browsing. Salah satu kata kunci yang pertama kali ditulisnya di internet adalah bir, ia menemukan banyak sekali informasi tentang minuman bir di internet, namun tidak satu pun ia temukan informasi tentang bir yang berasal dari China. Sepulang dari Amerika Serikat, Jack Ma terinspirasi untuk membuat perusahaan internet yang dapat mempersatukan penjual dan pembeli di berbagai tempat dengan mudah. Sebenarnya ini juga terinspirasi dari perusahaan terdahulu seperti Amazon dan Ebay.

Di dalam perjalanan karirnya, Jack Ma juga pernah mendaftar di lebih dari 30 pekerjaan. Jack Ma pernah ditolak di 30 perusahaan tersebut. Bahkan Beliau juga pernah ditolak di kepolisian dan KFC. Dari 25 orang yang mendaftar kerja di KFC, 24 orang diterima dan hanya Jack Ma yang ditolak.

Rahasia Sukses Jack Ma

Kesuksesan yang diraih Jack Ma saat ini adalah hasil dari kerja keras yang dilakukannya dari kegagalan demi kegagalan yang dilaluinya tetapi tak membuatnya menyerah begitu saja. Berikut ada beberapa rahasia mencapai kesuksesan ala Jack Ma yang patut dicontoh untuk menjadi orang yang sukses di masa depan :

1. Pandai dalam membaca peluang

Sebagian orang pasti akan mengeluh ketika masalah datang. Sementara lainnya akan mencari peluang untuk berubah dan menemukan solusinya. Hal yang dilakukan Jack Ma yaitu bisa mengambil sebuah peluang di tengah permasalahan yang ada sehingga bisa mengantarkannya pada kesuksesan. Ketika saat itu di China mengalami minim infrastruktur, mungkin bagi banyak pengusaha itu merupakan sebuah masalah. Jack Ma kemudian mencoba menciptakan Alibaba yakni wadah tempat dimana orang bisa melakukan transaksi jual beli di internet, tanpa harus bersusah payah keluar dan pergi jauh bertemu produsen sehingga akan lebih efisien. Untuk menjadi sukses tidak hanya mengeluh saja, tapi juga mencari cara bagaimana kendala tersebut bisa teratasi.

2. Belajarlah untuk fokus

Tanpa kekuatan fokus Alibaba mungkin tidak bisa sebesar ini. Jack Ma terus berusaha fokus dalam mengembangkan usaha yang ia bangun. Berkat keyakinan, kegigihan, serta tekat yang ia fokuskan itulah ia berhasil menjadikan Alibaba sebagai salah satu perusahaan yang sangat besar di china.

3. Tidak peduli dengan haters

Banyak orang yang mencubir bahkan merendahkan Jacka Ma saat mengembangkan Alibaba untuk mencoba membuat alipay (metode pembayaran). Namun Jack Ma tak bergeming dan tetap optimis dengan usahanya hingga ia telah berhasil menjadikan alipay sebagai metode pembayaran di Alibaba, bahkan sekarang alipay telah menjadi salah satu metode pembayaran online terbesar di China.

4. Inovatif dan kreatif

Jack Ma telah melakukan inovasi dan kreatifitas untuk bisa membuat usahanya menjadi lebih maju. Ia telah berhasil mengembangkan Alibaba kemudian menciptakan inovasi dengan membuat salah satu metode pembayaran yang sangat mudah digunakan oleh masyarakat di China yakni alipay. Hingga saat ini alipay menjadi salah satu metode pembayaran terbesar di China.

5. Tidak mudah menyerah

Cara untuk bisa melawati ketika menghadapi masalah adalah dengan cara pantang menyerah. Percayalah segala usaha yang dilakukan semua tentu memiliki resiko dan masalahnya masing-masing. Namun satu hal yang bisa di pelajari dari orang sukses seperti Jack Ma adalah tidak pernah menyerah, ia terus berusaha dan berjuang dalam menggapai impianya.

6. Banyak belajar dari orang yang sudah sukses

Dalam membangun Alibaba, Jack Ma selalu mengatakan ia terinspirasi dari orang-orang yang sudah sukses terdahulu. Terinspirasi bukan berarti meniru, terinspirasi lebih kepada pengambilan sebuah peluang. Contohnya Alibaba yang dibangun Jack Ma juga sebenarnya terinspirasi dari perusahaan yang sudah sukses terdahulu, seperti Amazon dan Ebay. Jack Ma melihat ini sebagai di China, yang mana disana masih belum ada perusahaan jual beli di internet seperti Amazon dan Ebay

Itulah 6 rahasia mencapai kesuksean ala Jack Ma yang dapat menjadi acuan bagi generasi milenial dalam mengejar apa yang menjadi tujuannya untuk bisa meraih kesuksesan.

Sumber Referensi :
https://www.rolisupiawan.com/6-rahasia-sukses-jack-ma-yang-harus-ditiru-millenial/
https://www.finansialku.com/kisah-sukses-jack-ma-pendiri-alibaba/

Categories: Karir

Tags:, ,

Post Your Thoughts

Related Posts
Pemimpin Seperti Apa Yang Kita Cari Dalam Pekerjaan

Pemimpin Seperti Apa Yang Kita Cari Dalam Pekerjaan

Setiap orang sejatinya mampu untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Sayangnya, tidak semua orang bisa benar-benar…

Investasi Untuk Milenial

Investasi Untuk Milenial

Hai, kalian para generasi milenial...Apakah kamu paham tentang investasi? Mau investasi tapi bingung bagaimana cara…

Pengusaha Muda Sukses Indonesia

Pengusaha Muda Sukses Indonesia

Kini semakin bermunculan pengusaha muda yang sukses di Indonesia dengan memiliki prestasi membanggakan. Di usianya…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.