Podcast: Bintang Baru Sarana Pemasaran

Semakin berkembangnya platform di dunia digital, membuat para pebisnis harus adaptif dan inovatif. Misalnya saja podcast. Podcast sendiri adalah platform digital yang menyajikan konten konten audio digital kepada para penggunanya. Dengan perkembangan podcast yang sangat bagus, membuat para pebisnis memanfaatkannya terutama di dunia pemasaran. Ya, saat ini podcast menjadi bintang baru sarana pemasaran sebuah bisnis.

Podcast: Bintang Baru Sarana Pemasaran

Podcast menjadi salah satu media yang efektif untuk memasarkan bisnis Anda. Media ini dinilai cocok bagi para pekerja yang banyak menghabiskan waktunya di jalan, oleh karena itu mereka sering mendengarkan podcast sebagai hiburan dan tak jarang pula sebagai media pembelajaran. Di Indonesia sendiri jumlah pendengar podcast terus meningkat. Menurut beberapa media, jumlah pendengar podcast pada layanan streaming music Spotify naik 50% tiap kuartalnya. Dengan kepopuleran podcast itu, para pengusaha akhirnya memandang bahwa podcast bisa dijadikan sebagai bintang baru sarana pemasaran.

Lalu, mengapa podcast bisa dipandang sebagai sarana baru dunia pemasaran yang bisa menjangkau target audiens?

Target audiens sudah familiar dengan podcast

Kalau kita lihat, podcast memiliki kesamaan dengan radio yang memang sudah sangat sering digunakan oleh audiens untuk mencari informasi. Selain itu podcast juga memiliki keunggulan dibanding radio, yaitu seseorang bisa memilih topik konten yang sesuai dengan minat mereka dan ingin mereka dengarkan. Ditambah lagi karena sifatnya audio, para pendengar pun bisa menikmatinya sambil fokus melakukan kegiatan lain. Dengan beberapa keunggulan tersebut, podcast sangat bisa dijadikan sebagai sarana pemasaran sebuah bisnis.

Jumlah audiens podcast selalu berkembang pesat

Para pendengar podcast setiap kuartal selalu bertambah pesat. Menurut Forbes, saat ini sekitar 80% penduduk dunia sudah menjadi pendengar setia podcast dengan rentang usia mulai dari 18 tahun hingga 40. Sekitar 52% audiens podcast menggunakan iOS dan 43% menggunakan Android. 82,4% pendengar podcast mendengarkan lebih dari 7 jam dalam seminggu. 59% orang menyatakan lebih banyak menghabiskan waktu menikmati konten podcast daripada media sosial. Dari data tersebut terbukti 55,6% pengguna podcast menyatakan membeli sebuah produk setelah mendengar iklan yang ada di podcast.

Bagaimana dengan kentungan yang bisa didapatkan oleh pengusaha dengan menjadikan podcast sebagai sarana pemasarannya?

Meningkatkan traffic website atau medsos brand

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan adalah potensi meningkatnya traffic pada website atau sosial media milik brand Anda. Hai ini bisa terjadi karena konten podcast secara alami dapat meningkatkan awareness masyarakat. Ditambah lagi, Anda juga bisa menambahlan link ke dalam situs yang menjadi rumah dari podcast yang Anda sajikan.

Menyasar target pemasaran lebih luas

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa menyasar audiens atau target pasar lebih luas. Jika dilihat perkembangan pendengar podcast di atas, mungkin saja publik mulai bosan dengan konten yang monoton sehingga mereka cenderung mencari sebuah produk dengan konten yang lebih menarik. Hal tersebut juga memberikan kemungkinan untuk brand Anda memperluas sasaran pasar. Dan pada akhirnya, melalui podcast brand Anda bisa menemukan konsumen loyal yang baru, asalkan konten yang disajikan secara reguler dan berepisode agar selalu membuat penasaran dan secara tidak langsung menjadi sebuah pengikat pendengar.

Itulah beberapa alasan dan keuntungan menjadikan podcast sebagai bintang baru dalam dunia pemasaran. Lalu tertarikkah Anda untuk mencoba strategi marketing brand Anda dengan podcast? Tenang saja, produksinya lebih cepat dan biayanya cenderung lebih murah loh karena hanya dibutuhkan komputer atau smartphone yang dilengkapi dengan mikrofon, naskah, dan perangkat untuk mengedit audio.

Post Your Thoughts

Related Posts
Belajar Bisnis dari Drama Korea Start-Up

Belajar Bisnis dari Drama Korea Start-Up

Bagi pecinta drama Korea, saat ini mungkin weekend nya akan terasa sangat menyenangkan semenjak ada…

Bagaimana Cara Menciptakan Ide Bisnis?

Bagaimana Cara Menciptakan Ide Bisnis?

Semua orang bisa berbisnis, tapi tidak semua orang bisa sukses dalam menjalankan bisnisnya. Sebab, ada…

Pentingnya Coaching Bagi Entrepreneur

Pentingnya Coaching Bagi Entrepreneur

Dalam dunia bisnis dan professional sering kali kan kita mendengar istilah Coach atau Coaching? Namun…

Close

Whatsapp Chat

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.