Hai, calon pengusaha sukses, semua bisnis pasti tak lepas dari peran konsumen. Bahkan beberapa pengusaha menjadikan konsumen sebagai tolak ukur kesuksesan bisnis mereka. Bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa menjawab permasalahan konsumen. Sebelum memulai sebuah bisnis, sebaiknya Anda harus mengindentifikasi konsumen terlebih dahulu. Anda juga perlu tips untuk memahami konsumen.
Gimana sih cara Anda mengetahui permasalahan dan memahami konsumen? Lihatlah segala persoalan dari sudut pandang mereka dan cari tau karakter konsumen lebih dalam. Bukan cuma secara demografis, tapi juga tentang siapa mereka, cara berpikir, kebiasaan dan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Dengan begitu Anda bisa memperdalam ide bisnis yang tepat.
Ada beberapa tips untuk memahami konsumen dan mengetahui permasalahannya, yaitu:
Lakukan identifikasi permasalahan yang dihadapi oleh konsumen dan lihat peluang yang ada. Biasanya seorang konsumen melakukan pembelian atas dasar kebutuhan dan keinginan atau untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Memahami need and want seorang konsumen yang mendesak merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam suatu bisnis. Contoh: Sulitnya mendapatkan sepatu lokal yang berkualitas dengan harga terjangkau dan nyaman untuk dipakai.
Seorang pebisnis yang sukses harus memahami siapa target konsumennya. Memahami jenis orang, demografi dan psikografis mereka adalah kuncinya. Pilih target pasar yang potensial dan kenali secara mendalam. Misalnya, ketika membangun profil konsumen Anda, tanyakan pada diri sendiri sebanyak mungkin pertanyaan yang relevan tentang konsumen Anda. Apakah pria atau wanita? Apa profesinya? Sekitar berapa usianya? dll. Contoh: Bisnis sepatu Anda menargetkan laki-laki muda yang dinamis, aktif dan sedang merintis karir, sehingga kualitas dan kenyamanan barang adalah prioritas mereka.
Setelah menentukan target pasar, buatlah analisa tentang kegiatan si target. Mulai dari kegiatan utama, kebiasaan sampai hobi. Dengan begitu Anda bisa menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target pasar. Contoh: Target bisnis sepatu Anda adalah laki-laki muda yang aktif, dinamis dan sedang merintis karir. Jadi buatlah analisa , tulis dan urutkan kegiatannya sehari-hari mulai dari bekerja, kebiasaan yang mungkin dilakukan dan hobi sebagian besar kalangan tersebut.
Untuk memperkuat insight dan karakteristik target pasar, lakukan survey dan wawancara secara mendalam kepada target. Gali lebih jauh lagi tentang kegiatan mereka sesuai analisis yang Anda lakukan pada point ke-3. Maka Anda bisa membuat ide bisnis sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.
Setelah 4 tips di atas sudah Anda lakukan, pahami kembali dan tentukan dengan baik hasil yang sudah Anda dapatkan. Sehingga ide bisnis yang Anda punya bisa menjawab permasalahan konsumen dengan tepat. Tetap semangat dan jangan menyerah untuk mencoba 🙂
referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=fxTrjcqGOIE&feature=youtu.be
https://medium.com/@didinofendra/5-langkah-untuk-lebih-memahami-pelanggan-anda-457f1def5691